Latest News

Karakter-karakter Velvet atau Beludru

Karakter Velvet atau Beludru
Karakter permukaan bahan velvet atau beludru yang berbulu halus membuat bahan ini terlihat glamor dan mewah. Karakter velvet itu bermacam-macam. Setidaknya ada lima karakter velvet yang perlu kita ketahui. Apa sajakah itu? Berikut ini ulasan singkatnya. Selamat menyimak.

Jenis Velvet
Bahan dasar velvet pada umumnya terbuat dari katun dan sutra. Selanjutnya dikembangkan kembali ke bahan-bahan lainnya, seperti viscose dan polyester. Selain itu, velvet juga dapat dibuat di atas bahan yang mengandung karet atau stretch sebab semakin canggihnya alat. Stretch velvet ini bisa mengikuti lekuk bentuk tubuh sehingga nyaris sempurna. Ada banyak busana mewah dan kebaya menggunakan bahan stretch velvet agar tampak seksi sebab velvet dapat mengikuti bentuk tubuh seseorang.

Lebih Tebal, Lebih Mahal
Lebih banyak helai benang yang digunakan akan menciptakan velvet yang tebal sehingga akan menambah tinggi harga jualnya. Ditambah lagi jika ada aplikasi di atasnya seperti brokat atau bordir, maka harganya juga akan bertambah mahal.

Simpel, tetapi Glamor
Bahan velvet bukan cuma tebal, tetapi ada pula yang tipis. Velvet tipis lebih gampang dijahitnya bila dibandingkan dengan yang tebal. Apa lagi jika kita ingin membuat busana pesta dan kebaya. Lekuk tubuh bisa tampak jelas dan membuat kita tampak seksi jika memakai stretch velvet.

Dari Sutra ke Rayon
Velvet muncul terbuat dari serat sutra pada waktu pertama kali. Tetapi, ketika persediaan serat sutra menipis, maka para pemintal mulai beralih ke serat-serat lain yang mudah diperoleh, seperti rayon dan katun (14% - 18% sutra dan sisanya rayon). Sedangkan velvet yang 100% sutra sudah susah untuk ditemukan. Meskipun ada, maka pasti harganya sangat mahal.

Embossed Velvet
Motif-motif bahan velvet itu banyak variasinya, mulai dari yang garis-garis hingga kotak-kotak. Ada pula yang di-embossed dengan motif-motif yang berulir seperti motif kerajaan. Jika kita menggunakan velvet dengan motif embossed berulir-ulir untuk busana kebaya atau pesta, maka kita dapat menambahkan sedikit saja manik-manik sebagai pelengkap kemewahannya.

0 Response to "Karakter-karakter Velvet atau Beludru"