Latest News

Manfaat Aerobik untuk Kesehatan

Manfaat Aerobik untuk Kesehatan
Aerobik adalah istilah yang cukup familiar di kalangan masyarakat. Nah, untuk mengembalikan kebugaran tubuh atau untuk menurunkan berat badan ini, banyak orang yang melakukan kegiatan aerobik.

Apa itu aerobik? Aerobik merupakan latihan yang melibatkan kelompok otot besar untuk tetap aktif bergerak selama latihan. Seiring dengan detak jantung yang meningkat, maka suplai oksigen akan meningkat juga sehingga dapat memperkuat otot, daya tahan serta stamina tubuh.

Ada dua jenis dalam latihan aerobik ini, yaitu High dan Low Impact Aerobic. High Impact Aerobic adalah aerobik yang dilakukan dengan tempo cepat dan intensif. Contohnya adalah jogging, berlari, aerobik, bersepeda, dan lain sebagainya.

Sementara itu yang dimaksud dengan Low Impact Aerobic adalah aerobik yang dilakukan dengan intensitas sedang. Contoh dari jenis aerobik ini adalah jalan kaki dan latihan aerobik dalam air.

Jika dilakukan dengan baik, maka latihan aerobik ini bisa mendatangkan manfaat untuk kita. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari melakukan latihan aerobik.

1. Menguatkan Jantung
Jantung yang kuat akan mencegah hadirnya penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan serangan jantung. Detak jantung yang meningkat saat latihan aerobik kerap dihubungkan dengan lebih cepatnya pembakaran lemak.

2. Menguatkan Otot dan Tulang
Meningkatnya kekuatan otot akan meningkatkan kekuatan tulang juga.

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah
Jumlah kolesterol baik yang meningkat di dalam tubuh akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula darah.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh yang meningkat juga akan membuat tubuh sulit diserang penyakit.

5. Meningkatkan Energi
Energi akan meningkat sebesar 20% dengan melakukan aerobik selama 20 menit. Hal ini diungkapkan  oleh peneliti dari University of Georgia. Hal tersebut bisa terjadi karena saat melakukan aerobik, suplai oksigen tubuh dan energi turut meningkat.

1 Response to "Manfaat Aerobik untuk Kesehatan"