Latest News

Variasi Membuat Bakwan Jagung

Bakwan Jagung
www.gambargratis.com/judith
Salah satu penganan yang banyak disukai orang selain perkedel adalah bakwan jagung. Ada beberapa macam bakwan jagung yang dapat kita buat di rumah. Untuk membuatnya semakin enak lagi, kita bisa menampilkan bakwan jagung dalam beragam variasi.

Bentuk bakwan jagung lebih pipih dibandingkan dengan bakwan lainnya karena bakwan jagung tidak menggunakan banyak tepung. Menggorengnya di  pinggir wajan seperti rempeyek, dapat membuat renyah bakwan jagung.

Untuk membuat bakwan jagung, kita perlu memilih jagung yang muda. Silakan pilih yang manis atau tidak manis. Jagung manis, terutama yang muda, tidak keras meskipun bentuknya utuh. Sedangkan jagung biasa, cenderung keras jika digoreng utuh. Oleh karena itu, sebaiknya diblender kasar, diparut, atau ditumbuk kasar.

Berikut beberapa cara untuk memilih jagung yang muda.
  • Warnanya kuning cerah dan bukan kuning tua kecokelatan.
  • Tekan. Bila keras, artinya jagung telah keras.
  • Untuk membuat bakwan, jagung dapat diblender, ditumbuk kasar, diparut , atau dibiarkan utuh.

Kita dapat menambahkan sayuran, jamur, daging-dagingan seperti udang atau ayam giling untuk membuat kombinasi adonan bakwan., Agar lebih gurih, kita bisa menambahkan cairan berupa santan.

Untuk variasi bumbu, dapat ditambahkan kunyit dan bubuk pala selain bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Sementara untuk pengharum, dapat ditambahkan daun ketumbar, daun jeruk, dan daun kemangi.

Cara menggoreng bakwan jagung yaitu adonan dapat langsung dituang ke dalam minyak atau digoreng di pinggir wajan. Agar tidak tebal jadinya, sebaiknya bakwan jagung tidak dicetak di dalam sendok sayur.

0 Response to "Variasi Membuat Bakwan Jagung"